Pengunjung PGT

Minggu, 22 November 2015

Asal Usul Marga Munthe

Kiriman dari : Jahaum Simalango.
Keunikan marga Munthe sebagai Nama Keluarga, sangat menantang saya untuk lebih banyak tau. Sehingga disetiap kesempatan saya selalu mencoba untuk mencari tau tentang keunikan tersebut.
Kenapa saya menyebut marga Munthe Unik?
Munthe terdiri dari 2 (dua) penamaan yang sampai sekarang masih tetap teka teki yaitu “MUNTE dan MUNTHE”.
Munte atau Munthe menghuni Puak yang cukup luas di Sumatera Utara seperti Karo, Toba, Simalungun, Pakpak, Angkola, Labuhan Batu, Alas Gayo. Bahkan Populasi Munthe di Eropa cukup Banyak.
Rasa kekerabatan/ persaudaraan Munte/ Munthe bila bertemu sangat tinggi.
Belum jelas dimana sebenarnya tempat Munte Tua atau anak Munte Tua pertama sekali setelah hijrah dari Tamba.
 
Kenapa ada Munte dan Munthe?
Saya memperoleh cerita ini dari Bapak Alm. J.R. Munthe,
Beliau mengatakan bahwa sebenarnya Raja Naiambaton memiliki salah satu anak yang diberi nama “MUNTE TUA”, bukan “MUNTHE TUA”. Munthe baru dikenal ketika Belanda masuk ditanah batak dan menuliskan marga Munte menjadi Munthe.

Saat Belanda masuk ke Tanah Munte, maka Belanda mewajibkan Raja memungut Pajak kepada Rakyat dan selanjutnya Raja menyerahkannya ke Pemerintahan Hindia Belanda.

Tetapi Raja (tentunya Munte) tidak mau memberi pajak tersebut ke Pemerintah Hindia Belanda dengan alasan bahwa Raja tidak lagi memberi Pajak kepada siapapun. Biarlah saya tidak dianggap Raja oleh Pemerintah Hindia Belanda Kalau saya harus membayar Pajak dan Upeti. Begitu konon bahasa Oppung kita.

Singkat ceritra,Pemerintah Hindia Belanda mengangkat Raja Tongging yang bukan marga Munte tapi marga Manihuruk menjadi Raja yang diakui Pemerintah Hindia Belanda.

Hal yang sama terjadi di Ajinembah, Pemerintah Hindia Belanda mengangkat Ginting Suka menjadi Sibayak, Walaupun secara defacto Munte tetap Raja di Tongging dan Sibayak di Ajinembah, tetapi secara dejure tdk lagi, sehingga di buku besar kerajaan Belanda yang menjadi Raja dan Sibayak adalah mereka yang diakui dan diangkat oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Bukan Munte namanya kalau tunduk begitu saja (barangkali) maka oleh Munte Kuta Bangun mendeklarasikan Sibayak Kuta Bangun (Orang Tua Bapak Letkol Selamat Ginting alias Halilintar/ Kilap Sumagan)

Penyebaran marga Munte
Saya bersyukur kepada Tuhan, bahwa sebagian besar wilayah kediaman marga Munte di Sumatera Utara sudah saya jalani dan tentu saja saya manfaatkan bertanya tentang marga Munte kepada marga munte setempat.

Tamba, komunitas Munte sangat sedikit dibanding marga lain, mengingat Tamba adalah Asal Leluhur Munte. Yang saya dengar di tempat ini Munte pertama sekali Hijrah ke Tongging, Keturunan dari Tongging kemudian tersebar ke berbagai tempat.(Kisah Perseteruan Simbolon dengan Tamba)
Tongging, selain di Tongging Secara umum Keturunannya berada di Sipitu Huta (Pangambatan, Nageri Tongging, Situnggaling, Partibi, Garingging, Nagara, Bandar Tongging).

Ada 2 (dua) versi pendapat tentang asal usul Munte Tongging, sebagian mengatakan dari Tamba dan sebagian lagi mengatakan dari Ajinembah. Mengherankan karena yang berbeda versi masih Komunitas dalam satu garis keturunan yang tegas dan jelas.
Bila pendekatan teori Sosiologi, bahwa Populasi terbesar sebagai yang tertua, maka Munte Ajinembah. lebih Tua dari Munte Tongging. Karena Populasi Munte Ajinembah mulai dari desa Dokan di Kecamatan Merek sampai ke desa Kuta Bangun di Kecamatan Singalorlau (sdh dekat keperbatasan Sumut Aceh) menghuni 3 atau 4 Kecamatan. Sedangkan Munte Tongging Hanya menghuni 1 Kecamatan yakni Kecamatan Merek.

Juga dengan pendekatan Arkeolog, maka Munte Aji Nembah lah yang tertua karena di Ajinembah masih dijumpai situs kebesaran Munte yakni Palas sipitu Ruang.

Fakta yang ada; saat ini tercatat dalam Tarombo Munte Tongging adalah 15 (lima belas) generasi dan Generasi ke 3 salah satu disebut hijrah ke Ajinembah (Konon Ajinembah berasal dari bahasa Tongging yakni; “Sianjae Manobba” artinya kira kira Sianjae membuka hutan buat perladangan/ permukiman).
Bilamana Saudara kita di Ajinembah memiliki Tarombo yang tegas dan jelas, tentu Fakta ini dapat digabung sehingga kekerabatan Munte Ajinembah dan Munte Tongging Dapat Lebih Terang benderang.

Dolok Sanggul, selain di Dolok Sanggul sebaran Munte di Jumpai di desa Pollung, Huta Paung, Pakkat, Parlilitan dan sebagian di Desa Sipitu Huta.

Informasi yang saya peroleh bahwa Munte Dolok Sanggul juga Hijrah langsung dari Tamba bahkan masih Keturunan Raja Naiambaton, Sehingga beberapa Orangtua kita yang saya Tanya menyebut bahwa mereka adalah Munte Naiambaton.

Menarik adalah Kisah Kuda Sipiso Somalim di Daerah ini, yang konon Kuda milik Pangeran setempat. Selain Pangeran sendiri, yang mampu mengendalikan Sipiso Somalim adalah seorang yang marga nya Munte.
Selain itu yang tak kalah Menarik bagi saya; desa Sipitu Huta di dekat Pollung walaupun mayoritas memiliki marga Marbun (Lumban Gaol) persis sama dengan Himpunan desa penyebaran Munte Tongging yakni Sipitu Huta (Pangambatan, Nageri Tongging, Situnggaling, Partibi, Garingging, Nagara, Bandar Tongging).

Analisis saya, Munte ke Dolok Sanggul bukan Raja, barangkali Sisodduk Hela ( Seorang Pria yang tinggal bersama mertuanya).
Ini tentu masih Analisis, Bila Saudara kita di Dolok Sanggul dapat menemukan Tarombo yang melebihi 15 generasi. Kita bisa kombain dengan Munte Tongging.

4. Pak Pak; daerah Salak, mereka menyebut bahwa asal mereka dari Munte Dolok Sanggul; Tanggiring , Tumanggor ,Huta Gambir, Ujung Teran, Tiga Lingga, mereka menyebut asal mereka dari Tongging. Kecuali Tanggiring dan Tumanggor yang tdk lagi mengetahui nama leluhurnya, maka Huta Gambir, Ujung Teran dan Tiga Lingga masih tahu nama Leluhurnya, sehingga masih Nampak garis keturunan nya dari Tarombo Munte Tongging.

5. Tapanuli Selatan; Muara Tais, Sigalangan di Kecamatan Batang Angkola, dan Saipar Dolok Hole di Kecamatan SDH.

Munte di Muara Tais dan Sigalangan adalah sama yaitu Delimunte; Menurut cerita salah seorang Orangtua kita kepada saya di Sigalangan, bahwa dulunya Munte di daerah ini hijrah dari Karo ke Muara Tais kemudian menyebar kearah Jalan Raya yakni Sigalangan sampai Padang Sidimpuan. Kisah Horbo Sinanggalutu menjadi Primadona cerita Munte yang hijrah ke Muara Tais. Sehingga ada dua versi penamaan Delimunte;

1. Karena Kakek Moyang kita yang memiliki Tanaman Kacang yang sangat bagus dimana bibitnya dibawa dari tanah leluhurnya.

2. Masyarakat disekitar memanggil Munte Deli karna dianggap Kakek kita adalah Munte yang hijrah dari tanah Deli.

Munte di SDH, sebagian melekat dengan Munte dan sebagian lagi memakai Delimunte, meskipun masih dalam satu garis keturunan yang tegas.

Munte di SDH menyebut bahwa mereka berasal dari Samosir tetapi yang sudah hijrah ke Labuhan Batu.

Sangat disayangkan bahwa Tarombo Munte di Sigalangan sebanyak 7 generasi tdk saya simpan dgn baik, sedangkan Tarombo Munte di SDH memang sama sekali tdk saya peroleh.

Simalungun; Munte di Simalungun sangat sedikit, saya temukan di Seribu Dolok yang berasal dari Mariah Dolok, Informasi Yang saya tau Mariah Dolok adalah wilayahnya marga Purba. Tapi sesungguhnya populasi terbesar Anaknya Munte di Simalungun adalah Saragih Garingging di Desa Hapoltakan Pematang Raya. Saragih Garingging adalah anak Munte dari Garingging (Sipituhuta) yang hijrah ke Raya dan menjadi Raja Raya yang cukup terkenal. Kisah Horbo nanggalutu juga membumbui Ceritra Saragih Garingging. Apakah Leluhur Saragih Garingging dan Delimunte Muara Tais Sigalangan sama?

Labuhan Batu; Gunting Saga, konon munte di daerah ini berasal dari Karo, (Gunting Saga konon berasal dari Ginting Sada) Single fighter kali…..

Alas Gayo; Kutacane; Konon Ada tiga Munte di Alas Gayo yakni Munte, Sikedang dan Mandi. Entah benar atau tidak marga Mandi adalah Munthe yang dibaca Mandi. Tidak ada yang tau darimana asal mereka.

Analisis saya; karena Munte Ajinembah Kuta Bangun yang paling dekat barangkali Munte Alas Gayo berasal dari Karo.

Yang membanggakan bahwa sempat mereka tdk memakai marga, tetapi kemudian kembali memakai marga tersebut kepada semua keturunannya.

Penutup.

Apapun yang saya tuliskan ini hanyalah konon katanya, bukan merupakan sejarah Munte secara utuh. Tapi bagaimana pun saya mengharap bahwa keperdulian kita terhadap Munte secara umum perlu kita gali lebih dan lebih lagi.

Saya rindu bahwa setiap komunitas Munte terutama yang laki-laki dapat member perhatian untuk membuat Tarombo masing-masing semampu keluarga dapat ungkapkan.

Saya sudah buat Tarombo Munte Sianjae Tongging secara umum dan secara Khusus Munthe Sianjae Keturunan Op. Bangun sdh lebih sempurna. Siapapun Saudara ku yang berminat, kirimkan email anda ke munthe_jasa@yahoo.co.id saya akan email tarombo tersebut utk lebih disempurnakan.

Akhir kata, saya mohon maaf untuk segala sesuatu yang tidak berkenan akan tulisan ini, sungguh niat saya hanya untuk mempersatukan rasa persaudaraan yang lebih baik lagi dalam Keluarga besar Munte.

Jayalah Munte…. God Bless Us. Amin
Medan, Juni 2011
Disadur dari :FORUM KOMUNIKASI MARGA MUNTHE INDONESIA

52 komentar:

  1. Horas...munthe dolok sanggul masih keturunan dari Tamba Tua,datuk parngongo punya anak 7,siappudan ma hami marhati ulubalang ma oppu nami...mauliate

    BalasHapus
    Balasan
    1. keturunan Dari oppu marhati ulu balang isema katua ,mauliate

      Hapus
    2. 1.op djunjungan 2.op manonggak 3.0p sangga tua 4.gumbuk lumaing.
      ima na hudapot sian natua2 i.
      mauliate

      Hapus
    3. Nama saya irfan munthe
      Sya asal dri aceh tengara ayah saya dan ibu saya berasal dri aceh tamiang,, saya heran knpa harus nma sya yg munthe dan sya bingung munthe itu sangkut paut dgan sya apa

      Hapus
    4. Horas au munthe pollung dolok sanggul , poldung labura

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Horas,,,,munthe gayo juah mujuah maju mi ko lao lut tawar takengon

    BalasHapus
  4. Horas...
    Munte dari doliksanggul😊😊

    BalasHapus
  5. horas saya munthe dari tongging😀😀

    BalasHapus
  6. Horas ma da munthe labuhan batu

    BalasHapus
  7. Horas Munthe dr tingginya

    BalasHapus
  8. Tamba tua dohot Munte tua, beda do i
    Dang adong cerita na marga munte masuk tu marga tamba,
    Anggo munte pinomparni Munte Tua
    Anggo Tamba pinomparni Tamba Tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. asing aparra molo munthe dolok sanggul dang sian munte tua...sian tamba tua do...ba hami ma pinompar ni marhati ulubalang

      Hapus
    2. Bisa aja terjadi... Tapi yg pasti menurut tarombo batak.. Pinompar Naiambaton (Parna) 1.Simbolon Tua... + pinompar na
      2.Tamba Tua... +pinompar na
      3.Saragi Tua... + pinompar na
      4.Munte Tua... + pinompar na
      5.Nahampun...+ kurang jelas.
      Pertanyaannya.... Bagaimana mungkin Munte pinompar ni Tamba Tua... Sedangkan Tamba Tua dengan Munte Tua adalah Margahayu maranggi.. (Baca tarombo Batak)... Mlt.

      Hapus
    3. sattabe aha do margamuna amang?
      ai tamba do hamu?
      hami sian tamba lbn tonga2 anakna ima datuparngongo
      8 ma anakni datuparngogo, hami ma siappudan ima,
      op marhati ulubalang
      sian pomparan marhati ulubalang ma
      munthe doloksanggul
      mauliate!

      Hapus
  9. Horas parjolo
    Saya mau bertany apa perbedaan munthe sm munthe gayo
    Knp munthe gayo tdk satu punguan sm munthe

    BalasHapus
  10. Horas ma tu sasudena.
    Saya dari rantauprapat,labuhanbatu. Saya ada tarombo, sy lihat silsilah paling atas di tarombo itu Raja Parmata sipiyak sian karo. Itu generasi pertama sy generasi ke 12 kalo tdk salah.

    BalasHapus
  11. Horas...
    Saya Munthe sianjae dari pangambatan

    BalasHapus
  12. cek email mu da bapatua. horasss

    BalasHapus
  13. Horas parsadaan Munthe! Ribak sude!

    BalasHapus
  14. Horas munthe saya munthe parlilitan

    BalasHapus
  15. Kakek dan bapak saya Munthe dari labuhan batu gunting saga

    BalasHapus
  16. Horas Bapa ,,, Perkenalkan Saya Jerry Munthe tinggal di Jambi Konon Katanya Saya Munthe Asal Dari Desa Pangambatan Tanah Karo.
    Sebelum & Sesudahnya Setelah Saya Membaca Artikel Mengenai Marga Munthe Says Sedikit Memahami Walaupun Saya Belum Mengerti Dengan Baik Karna Saya Lahir Di Perantauan (Jambi) Kampungnya Bapak Saya Di Purba Saribu ....
    Syalom ...
    Gbu.

    BalasHapus
  17. Halo, saya mau tanya.saya boru Haro munthe tapi pacar saya marga simalango.
    Apakah kami marito? Tolong di jwb ya. Gbu

    BalasHapus
  18. Horas..salam damai sejahtera untuk kita semua..salam hormat saudara/i tua dan muda..

    BalasHapus
  19. Horas munte dari sidikalang dairi salam sejahtera

    BalasHapus
  20. Horas munte dari sidikalang dairi salam sejahtera

    BalasHapus
  21. Horas, Munthe sian dolok sanggul

    BalasHapus
  22. Horas ma dihita sudena akka marga munthe,manang didiape marhuta

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Horas ma dihita saluhutna, sekedar pencerahan marga munte tanggiring dan tumanggor berasal dari Tongging. Tepatnya munte tonga,Mauliate.

    BalasHapus
  25. Saya munthe sianjae, munthe desa pangambatan dari tongging...
    Saya adalah sub suku Simalungun..
    Bisa di search di google..
    Munthe itu apa..

    BalasHapus
  26. Horas Saluhutna tarlumobima di hita poparan ni Raja PARNA jadi,Molo Sasitongna Molo MUNTHE na Sian DolokSanggul Ima anak Ni TAMBA TUA,Ima lumban Tongatonga Jadi,MUNTHE TUA,ima Sian Tongging,jadi,Molo poparanni Raja Na Iambaton
    No:1:Simbolon Tua
    2:Tamba Tua
    3:Saragi Tua
    4:Munthe Tua
    5:NaHampun Tua

    Jadi Molo au sandiri, MUNTHE DOLOKSANGGUL na Sian SiMATANIARI ima anak ni Tamba Tua Sian Lumban Tongatoga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumban tonga² Ima si opat Ama,Sidabutar
      Sijabat
      Siadari
      Sidabalok
      Jadi na Sian dia do Munte i

      Hapus
  27. Horas abang abang ku adik adikku.Banggalah poenya marga Munthe Tua. Ingat: 3 anak Moenthe Tua. 1. Op Raja Pangururan. 2.Op. Jalak Maribur (Raja Parultop) inilah yg kawin ke salah seorang br.Tamba Lumban tonga tonga.dan tidak bisa pakai gelar Munthe Tua. Cukup Munthe saja. Wajar keturunan Tamba Tua. 3.op. Jalak Karo ( Raja Tongging ). Besarlah Munthe Tua.jangan turunkan martabat maerga Mu. Horas...

    BalasHapus
  28. Horas, bg au Munthe sian DOLOk sanggul salam sehat tua abg ,,,
    Anggo munthe dolok sanggul tepat na bonan dolok nga hea abg mardalani tusi tepat na dihuta simamora, hami gabe bingung do sipata bg anggo disukkun jolma munthe aha maho inna kan, bah na hami boto munthe tamba ba inna hami kan, sian dia asa mu inna tu hami dolok sanggul inna hami.alai sai rodo hata ni jolma dang adong munthe didolok sanggul inna gabe bingung hami bg,,, jala a hami sukkun tuhuta kan tu akka halak bapa tua sebetulna munthe aha do hita inna hami inna hami kan alai asing do jawab na@ bah munthe inna do jala anggo sonnari. Do disungkun hamu nga maol mampatorang i inna do tu hami bg,,memang oppung nami na sudduk hela hinan do inna di si , sahali2 tusi jo abg

    BalasHapus
  29. Njuah njuah sya Munthe dri desa Lawe ijo Kutacane Aceh tenggara.mekhizin
    Njuah njuah kite kerine

    BalasHapus
  30. Au minta sian dolok sanggul matiti.

    BalasHapus
  31. Saya munte dari pakpak,kami sudah tingal dipakpak yaitu pakpak brarat,sudah generasi ke 15,km mempunyai tanah wilayat,menurut sejarh kmi opung dlu dari sumbul pegagan,berapa keturunan marga munte dari,raja nambaton sampai sekarang

    BalasHapus
  32. Apakah sama datu parultop dengan marsati hulu balang dan jalak maribur mohon pendapat saudaraku marga munte

    BalasHapus
  33. Menurut sejarah kmi munte dipakpak yg diceritakan turun temurun kami datang dari tongging dam opung km pangilanya pusati ulu balang menikahi boru lingga raja dan melahirkan seorang anak nama panggilan munte pakalima meikahi paribannya boru lingga yg mempuyai anak 3 ,diantara 3 anak satu opung km yg benama guru tandang yg tinggal dipakpak simsim dan menikahi boru berutu dan dr guru tandang sampai sekarang kmi sudah tinggal di pakpak simsim sudah 15 generasi,

    BalasHapus
  34. Yasin Munthe, dari Kota Cane Desa Kuta Batu Pasir....Semoga Marga Munthe semakin jaya dan pemberani demi kebenaran....👍👍👍

    BalasHapus
  35. Saya munthe yg bertempat tinggal di aceh singkil.saya bingung kami dari munthe mana tetapi saya punya abg angkat di sidikalang dairi menceritakan kpd sy.bhwa sy adalah munthe dr tongging.sya bangga jadi marga munthe.tlong bagi munthe yg ada di aceh singkil dan subulusalam mohon kiranya kita bersatu buat pertemuan agar kita mengenal satu dngn yg lain ny

    BalasHapus
  36. Horas salam dari munte

    BalasHapus
  37. Horas hubatta haganupan, Saya Marga Saragih Munthe yang bertempat tinggal di Purba Tua Barung daerah Saribudolok Dolok.

    Sebelumnya saya penasaran mengenai Saya Munthe apa. Nah sewaktu saya jalan-jalan ke tongging pas pula saya bertemu dengan marga Munthe. Sambil cerita demi cerita katanya saya Munthe sianjahe, Bahakan pancur permandian Munthe sudah di beritahu sama saya.

    Sangkin penasaran nya saya darimana asal-usul Munthe saya cari di internet 😇😇 mungkin saudara/i paham mengenai asal-usul ini. Kalau boleh maunya di buat setiap tahunnya pertemuan marga-marga Munthe SE dunia, baik Munthe sianjulu ataupun Munthe Sian jae, tujuannya agar tidak hilang marga ini, misalanya saya sendiri posisi saya masih lajang, bagaimana nantinya saya udah punya keturunan, maka dari itu mari kita bekerja sama untuk menyatukan persatuan ini 🙏🙏

    BalasHapus